7 Tips Mengumpulkan Dana Pernikahan

7 Tips Mengumpulkan Dana Pernikahan
   
Bagi Anda yang akan segera menikah, berbagai rencana tentu telah hadir di benak Anda terkait dengan momen bahagia tersebut. Sangat wajar bila hal ini terjadi pada Anda, bahkan hampir semua orang yang akan melangsungkan pernikahan merasakan hal yang sama. Semua orang menginginkan momen pernikahan mereka menjadi sebuah kenangan yang sangat istimewa, termasuk Anda juga, bukan?

Mempersiapkan pernikahan memang akan membuat orang begitu bersemangat. Seringkali mereka menginginkan segala sesuatunya berbeda dengan pernikahan orang lain yang pernah mereka hadiri. Tak jarang Anda akan menemukan berbagai konsep pernikahan yang unik dan menarik. Dan berkesan bagi para undangan. Pesta dan berbagai ritual lainnya di dalam pernikahan tentu membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Untuk itu, semuanya perlu dipersiapkan dan diperhitungkan dengan sungguh-sungguh.

Ada Baiknya Mempersiapkan Dana Sejak Awal

Jumlah dana pernikahan tentunya akan sangat relatif, tergantung apa dan bagaimana acara pernikahan dilaksanakan. Mengingat pernikahan yang akan Anda gelar nanti bisa saja membutuhkan sejumlah dana yang cukup besar. Tentu akan sangat tepat kalau Anda dan pasangan telah mempersiapkan hal ini sejak awal agar semua rencana pernikahan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Mempersiapkan dana pernikahan sejak awal merupakan langkah yang paling tepat bagi Anda dan pasangan meskipun pesta pernikahan akan digelar secara sederhana. Sejumlah kebutuhan pada masa awal pernikahan nanti sudah harus diketahui dan diperhitungkan. Ini perlu agar Anda tidak memiliki sejumlah utang setelah pernikahan. Akan sangat baik bila kondisi keuangan dalam posisi yang stabil supaya Anda tidak perlu sampai berutang. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan leluasa untuk merencanakan dan menyusun anggaran.

Beberapa tips di bawah ini bisa digunakan untuk membantu Anda dalam mempersiapkan dana pernikahan secara terencana dan tepat guna.

1. Terbukalah Satu Sama Lain Soal Kondisi Keuangan

Penting bagi Anda bersama pasangan untuk saling terbuka soal kondisi keuangan masing-masing. Cobalah untuk memberanikan diri untuk berkata  sejujur-jujurnya. Kesampingkan dulu rasa malu dan gengsi sebab tahap ini akan menjadi langkah yang menentukan bagi Anda dan pasangan dalam mempersiapkan dana pernikahan.

Pastikan Anda dan pasangan telah memperhitungkan biaya-biaya pernikahan yang mesti ditanggung nantinya. Perhitungkan juga sumber pendanaan yang mungkin digunakan untuk membiayai pernikahan semisal deposito. Dan jangan melupakan utang yang Anda dan pasangan miliki.

2. Lunasi Utang yang Ada Terlebih Dahulu

Apabila Anda dan pasangan ternyata memiliki utang, pastikan utang tersebut dilunasi terlebih dahulu. Siapa pun tidak menginginkan utang tersebut terbawa-bawa setelah menikah nanti, termasuk Anda, bukan? Karena itu, untuk yang satu ini, janganlah ditunda-tunda untuk dilakukan. Tidak perlu melunasinya sekaligus sebab bisa saja malah mengganggu keuangan secara keseluruhan. Anda dan pasangan dapat melakukan pencicilan secara bertahap. Yang penting utang dapat lunas sebelum Anda dan pasangan menikah nanti.

3. Susun Anggaran dengan Memprioritaskan Kebutuhan

Langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran pernikahan. Anda dan pasangan perlu kiranya menyisihkan sebagian penghasilan bulanan/gaji agar kebutuhan Anda untuk pernikahan dapat terpenuhi. Lakukan hal ini atas keputusan bersama sebagai komitmen Anda dan pasangan. Perhitungkan dengan cermat besaran gaji (persentase) yang akan ditabung setiap bulannya. Pastinya Anda dan pasangan tidak mau kalau kebutuhan lain dikorbankan karena salah perhitungan demi bisa memenuhi biaya pernikahan.

4. Buka Rekening Bersama untuk Pernikahan

Jika Anda dan pasangan telah sepakat untuk mulai menabung biaya pernikahan, akan sangat tepat untuk membuka rekening bersama demi tercapainya tujuan tersebut. Rekening bersama semisal tabungan berjangka akan memudahkan Anda dalam menabung dan mengumpulkan dana pernikahan. Sebab rekening ini akan dipergunakan secara khusus hanya untuk pernikahan dan tidak ada dana lain yang dicampuradukkan di dalam rekening bersama ini. Langkah selanjutnya, Anda dan pasangan membuat perhitungan kapan kira-kira dana pernikahan ini ingin dicapai.

5. Mulailah Berhemat

Menyisihkan dana untuk pernikahan setiap bulannya yang bisa mencapai 20-30% dari total penghasilan, sudah pasti akan membawa perubahan di dalam keuangan Anda dan pasangan. Beberapa pos pengeluaran mungkin harus dirampingkan karena tabungan ini boleh jadi lebih besar dari Anda dan pasangan duga. Perampingan ini tak lain adalah cara untuk mulai berhemat demi tercapainya dana pernikahan sesuai waktu yang direncakanan sebelumnya.

Lakukan dengan tepat dan jangan sampai kegiatan penghematan yang Anda lakukan justru mengganggu berbagai pos lainnya di dalam keuangan. Beberapa pos pengeluaran yang fleksibel/tidak harus adalah bagian yang paling tepat untuk distop sementara waktu.

6. Manfaatkan Investasi

Meski baru merencanakan pernikahan, tidak ada salahnya Anda dan pasangan sudah mulai melakukan investasi. Hal ini bahkan dapat dipilih sebagai wadah penyimpanan bagi sejumlah dana pernikahan yang sedang Anda dan pasangan siapkan saat ini. Namun dalam kondisi seperti ini, jangan melakukan investasi pada berbagai instrumen yang mengandung risiko yang tinggi, terutama jika yang Anda investasikan adalah sejumlah dana pernikahan Anda yang beberapa waktu yang akan datang tentu digunakan. Investasikan uang pada sejumlah instrumen yang tepat agar apa yang Anda dan pasangan inginkan tercapai.

7. Ubah Kebiasaan yang Cenderung Boros

Setiap orang pasti akan mengalami situasi di mana cenderung memboroskan uang untuk hal yang tidak terlalu penting. Contohnya, pergi ke pusat perbelanjaan dan melihat ada diskon harga untuk sepatu. Padahal, sepatu yang digunakan masih dalam kondisi baik dan layak. Mulailah menghentikan atau setidaknya mengurangi perilaku  tersebut yang sudah pasti terlihat boros. Ini perlu supaya niat Anda untuk mempersiapkan dana pernikahan dapat tercapai dengan segera.

Persiapkan dengan Terencana agar Terhindar dari Utang

Mempersiapkan dana pernikahan tentu bukan hal mudah untuk dilakukan. Sejumlah dana yang perlu dipersiapkan terbilang cukup besar. Namun, jika Anda mempersiapkannya dengan terencana dan melibatkan pasangan untuk kegiatan tersebut, sangat mungkin hal ini dapat terpenuhi dengan baik. Susun anggaran dan benahi keuangan Anda bersama pasangan sehingga pernikahan Anda dapat berjalan dengan lancar tanpa utang.